Kekurangan dan Kelebihan Domain .my.id

Kalau membahas kekurangan dan kelebihan domain my.id pasti akan jadi postingan yang panjang. Karena masing-masing orang memiliki pandangan yang berbeda-beda dari plus minus segala sesuatu apapun itu. Termasuk kelebihan dan kekuarangan domain .my.id ini.

paper boat 2287555 1280

Bagi saya, sesuatu dapat dikatakan kelebihan apabila sesuatu tersebut dapat memberikan manfaat yang positif kepada si pengguna.

Sedangkan kekurangan adalah kebalikan dari kelebihan, sehingga dapat menimbulkan beragam alasan untuk menghindari penggunaannya.
Kita awali dengan kelebihan domain .my.id. Apa sih sebenarnya kelebihannya? Kenapa saya menggunakan domain ini? 

Ini Kelebihannya

53283816 148622749498239 8755421647899945685 n compressor

Harganya Ekonomis

Ini adalah alasan saya yang paling utama kenapa menggunakan domain ini. Ada banyak domain dengan harga murah. Beberapa platform penyedia domain murah juga sering mengiklankan produknya. 

Kali ini saya kepincut dengan domain .my.id, sekaligus menjadi alasan terbesar saya kenapa kok pakai .my.id ini. 
Gak muluk-muluk lah, saya emang pecinta sesuatu yang murah. Hemat. Suka saya. Kebetulan alamat yang saya inginkan juga tersedia. Jadi kenapa tidak?

For your information, saya langsung meminang www.pakgurumaur.my.id ini langsung selama 5 tahun via idCloudhost.com

Karena saya dapat harga pertahun hanya 10 ribu rupiah. Murah bukan? Saya kena pph 5000, jadi selama 5 tahun saya dikenai tagihan sejumlah 55 ribu rupiah. 
Ini adalah harga yang sangat murah untuk domain TLD yang durasi waktunya 5 tahun.

Saya Rasa Ini Kece

Karena domainnya terdiri dari my dan id. Dengan my yang menandakan milik, sedangkan .id adalah identitas negara Indonesia.

Saya pikir ini kece sekali. Sangat Indonesia dan saya mencintai Indonesia.

Membantu Blogger yang Budgetnya Minim

Aih. Pake dibahas lagi yang ini. Sudah jelas lah sangat membantu. Saya sudah jadikan poin ini sebagai alasan pertama. Tapi ya untuk poin kali ini juga masuk.

Intinya tidak ada alasan untuk tidak memilih domain .my.id, karena ya memang membantu para blogger yang budgetnya minim, tapi pengin punya domain yang TLD.

Bisa Bersaing dapat Job

Meskipun jobnya receh, saya bisa dapat job blogger dari blog ini. Jadi ngerasa nggak kalah juga sama domain lain, meski ini domain Rp 10 ribuan.

Nggak nyesel jadinya membayar domain ini lima tahun langsung.

Bisa Lulus Adsense

Ramadan 2020 lalu blog ini akhirnya lulus adsense. Padahal selama ini blogger mengira my.id bakal susah dapat adsense. Ternyata nggak sepenuhnya benar, karena saya juga bisa lulus.

Meskipun penghasilan masih kecil banget karena minim pengunjung, saya bangga bisa lulus adsense. Ya minimal bisa pamer lah buat punya-punya gitu.

DA PA juga Bisa Tinggi

DA blog ini 15, sejauh ini. Padahal belum ada setahun pembelian. Harapan saya bisa meningkat lagi biar sering dapat job lagi. Lihat matriks di bawah ini sebagai bukti

image

Lalu kekurangan domain .my.id apa?

Saya rasa tidak ada kelemahannya. Karena hanya sekadar domain. Soalnya saya juga pernah menjumpai domain dengan .my.id masuk ke page one.

Artinya selama artikel yang dibuat adalah SEO dan berfaedah, pasti akan banyak dikunjungi pembaca. Paling agak kurang popular aja sih.

Lalu bagaimana anggapan orang-orang yang menyatakan bahwa dengan memasang domain .my.id pada blog akan mengganggu performa blog saja?
Itu hanya mitos belaka.

Karena performa blog sama sekali tidak bergantung pada nama domain yang dipakai.

Tapi bergantung pada SEO dan artikel. 
Artinya semakin bagus konten yang dibuat, maka semakin tinggi ranking blognya, meskipun berdomain murah .my.id ini. 

Kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa kelebihan dan kekurangan domain .my.id sebenarnya relatif. Tergantung apa tujuan dimilikinya domain ini. 

Kalau kamu mau punya url blog TLD dengan harga yang ekonomis, domain .my.id ini adalah pilihan yang sangat tepat. 

Sekian dari saya, semoga bermanfaat buat para blogger yang sedang menimbang-nimbang dan mencari tahu tentang kelemahan dan kelebihan domain.my.id

4 Comments

  1. jual tenda pleton Mei 15, 2020
  2. Pingback: Kelemahan Domain my.id - PAK GURU Juni 5, 2020
  3. Motivatee Juli 25, 2020
    • Hadi Kurniawan Agustus 13, 2020
  4. Sandaizer Agustus 10, 2020

Leave a Reply