Ketahui 5 Fakta Kota Palembang Sebelum Mengunjungi

Diposting pada

Fakta Kota Palembang – Sepertinya saya mesti setuju dengan ungkapan “Setiap kota mempunyai keunggulan tersendiri”, dan hal ini berlaku pula untuk Kota Palembang. Ibu kota Propinsi Sumatera Selatan adalah kota terbesar kedua setelah Medan. Kota ini terkenal dengan makanan khasnya yaitu pempek dan ikon jembatan amperanya.

Jadi sangat direkomendasikan untuk tujuan wisata. Katanya, kalau sudah berkunjung ke sana, tidak cukup hanya sehari dua hari saja waktu yang dibutuhkan untuk menikmati fakta kota Palembang ini. Sebab, Palembang punya lima hal yang patut kamu ketahui berikut ini.

Fakta Kota Palembang

Fakta Kota Palembang

Kota Tertua di Indonesia

Ini yang belum banyak orang tahu, bahwa Kota Palembang itu adalah kota tertua di Indonesia. Faktanya, ditemukan sebuah prasasti Kedukan Bukit di Bukit Siguntang, yang selanjutnya dari prasasti tersebut diketahui bahwa kota yang berpenduduk mayoritas Islam ini sudah menjadi sebuah kota sejak tahun 688 M.

Jadi memang menjadi kota tertua di Indonesia yang tetap bertahan dan terus berkembang sampai sekarang. Bahkan sekarang sudah dibangun LRT (Kereta Api Layang).

Mendapat Julukan Kota BARI dan Venisia dari Timur

BARI itu adalah akronim dari Bersih Aman Rapi Indah. Memang pantas kota ini mendapat julukan seperti itu. Karena Pemkotnya membudayakan seluruh masyarakatnya untuk membuang sampah pada tempatnya. Jadi sangat indah dan nyaman, sebab terbebas dari sampah-sampah yang berserakan.

Sedangkan julukan Venisia dari Timur disematkan oleh dunia barat, karena sungai Musi yang mengalir mengelilingi kota memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Keadaan ini seperti layaknya kota Vinisia makanya tak heran kalau Palembang dijuluki sebagai Venisia dari Timur alias Venice of the East. Sayangnya bangunan di tepi sungainya kurang terawat, berbeda dengan Venesia yang sangat tertata rapi dan menjadi objek wisata.

Kota Wisata Air

Sudah tahu belum kalau Palembang merupakan salah satu kota yang unggul di bidang pariwisata perairan? Buktinya adalah mantan presiden SBY pernah menetapkan Kota Palembang sebagai kota wisata air. Dengan alasan, karena Kota Palembang memiliki Sungai Musi, jembatan Ampera, Sungai Gerong dan masih banyak lokasi wisata air lain yang begitu menarik perhatian wisatawan baik yang dari lokal maupun interlokal.

Menurut Wikipedia penamaan kota ini diambil dari bahasa Melayu yang terdiri dari “Pa” dan”Lembang”. “Pa” di sini memiliki arti tempat atau situasi. Sementara “Lembang” berarti tempat yang selalu dibanjiri air sepanjang waktu. Palembang berarti tempat yang selalu dibanjiri air, sangat cocok kan dengan julukan yang diberikan oleh Bapak SBY? Tapi begitulah fakta kota Palembang.

Kulinernya Nikmat

Seperti yang kita tahu, negeri kita ini memiliki banyak sekali ragam kuliner yang nikmat buat disantap. Begitu juga ketika kita berada di Kota Palembang. Karena di sini kita dapat mencicipi penganan yang enak-enak, mulai dari makanan khasnya yaitu Pempek, kita juga bisa mencicipi aneka macam makanan enak yang lainnya seperti Tekwan, Mie Celor, Laksan dan sebagainya. Konon, makan khas Pempek itu sebenarnya warisan dari orang Tiongkok yang tinggal di Palembang.

Selain itu kita juga bisa mencicipi sambal tempoyak, yang merupakan fermentasi dari buah durian. Serta pindang patin yang rasanya nampol di lidah semuanya itu dapat kamu temukan baik di kaki lima sampai ke restoran di Palembang.

Dimanapun kamu membelinya, semua makanan khas Palembang sangat terkenal dengan rasa pedasnya.  Oh ya jadi ingat, katanya ‘Nggak Indonesia banget kalau nggak suka makanan pedas.”

Kain Tradisional yang Mewah

Fakta kota palembang

Setiap bagian di Indoneisa memiliki kain tradisional yang khas. Nah Kota Palembang sangat terkenal dengan kain songketnya. Keindahan songket dari Palembang sudah diakui dunia karena memang bentuknya yang sangat cantik dan unik.

Kain yang merupakan salah satu peninggalan Kerjaan Sriwijaya ini, disebut-sebut sebagai ratunya kain dari segala jenis kain karena saking bagusnya, makanya disebut mewah.

Ceritanya begini, pada masa kerjaan dulu kain songket dipakai sebaga pakaian adat kerajaan, ini lah yang membuatnya semakin istimewa. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat songket juga tidak kalah istimewanya. Ada beberapa kain songket yang terbuat dari emas, sudah jelas harga jualnya tentu bernilai sangat tinggi.

40 thoughts on “Ketahui 5 Fakta Kota Palembang Sebelum Mengunjungi

  1. Wohooo, jadi pengen doong ke Venisia versi Indonesia ini. Jalan-jalan menikmati kota lalu berburu kuliner khasnya pastilah emang gak cukup ya kalau cuma sehari saja berkunjung kesana.
    Moga suatu hari nanti bisa ke Palembang juga nih 🙂

  2. Hmmm…jadi pengen ke palembang.. tapi gmana kesana nya ya… semoga ada kesempatan menjejakkan kaki dan menikmati kuliner khas palembang … baru tau juga, Palembang adalah kota tertua, trus akronim BARI dan julukan Venisia… keren kak TFS ya

  3. Satu daerah pun di pulau Sumatra belum pernah aku kunjungi. Bahkan tempat kelahiran suami, Padang, juga belum pernah, hehe. Semoga bisa segera jalan-jalan ke sana, termasuk ke Palembang yang cantik ini

  4. Kota tertua ya ternyata. Baru-baru ini aku ke Demak, mempelajari Masjid Demak dan kisah Walisongo. Ternyata konon ada hubungan darah antara Kerajaan Islam di Jawa dengan Palembang. Nyambung kan…cocok.
    Aku belum pernah nih ke Palembang. Sampai pernah pesan lho empek-empek Palembang frozen kirim ke Bandung. Haha…

  5. Sepertinya kalau berkunjung ke palembang wajib banget nih buat kulineran. Karena, yang membedakan antar daerah ya salah satunya kuliner asli yang tak dapat ditemui di daerah lain.

    Semoga aku suatu saat nanti bisa ke Palembang. Aamiin

  6. Makanan Palembang memang enak-enak banget. Awalnya lidah Padangku ga cocok sama makanan Palembang, tapi lama kelamaan malah doyan hehe. Pempek, lenggang, model, tekwan, burgo, laksan enak-enak semua.

  7. Dulu adik saya kuliah di Palembang, tepatnya di Universitas Sriwijaya, tapi sayangnya sampai beliau tamat dan sudah pindah karena bekerja di ibukota, saya belum sempat main ke Palembang. Pengen banget ke Jembatan Ampera itu

  8. aku langsung bookmarked ini kak biar gampang nemu kalau berkunjung ke palembang. salah satu kota yang ingin aku singgahi, ternyata nggak cuma makanannya yang khas ya namun sejarah kota tertua juga. pasti luar biasa sekali kalau pertama kali di sana

  9. Yang harus diketahui sebeblum mengunjungi Palembang… yaitu Jembatan Musi menghubungkan 2 daerah, ulu dan ilir. Jadi kalau mau kemana-mana, coba diliat apakah tempatnya di ulu atau hilir dan sekarang tempatmu dimana. Dengan begitu saja bisa bantu pertimbangkan estimasi waktu perjalanan hehe.

  10. Apalah aku ini yang tahu Palembang cuma pempek-nya doang hiks… Itupun kadang pempek kawe yang dibuat bukan oleh orang Palembang asli.

    Padahal waktu SMA banyak juga temen SMA yang berasal dari sana. Karena ortu mereka kerja di Pertamina.

  11. Aku udah mencicipi makanan khas kota palembang yakni Pempek.
    Yang udah terkenal hampir seantero negeri.
    karena kebetulan adik ibu tinggal disana, secara kebetulan lagi pulang kampung. Jadilah pempek menjadi oleh – oleh buat dimakan bersama – sama.

    Kuah cuka dari pempeknya pas banget,aku suka.
    Jadi mau dan mau lagi….

  12. Wah ternyata kota palembang keren ya tempat nya, aku sering ke palembang tapi ke pelosoknya. ke kotanya baru sekali itupun hanya singgah sejenak di masjid agung. ga sempat jalan jalan

  13. Iya, nih, kalau bayangin Palembang, di imaji saya itu wisata air dan makanan peranakan. Mancep banget diimej kota. Nah, yang bikin penasaran, meski Cina peranakan ada di mana-mana, tapi setiap daerah memiliki kekhasan atau lokalitas sendiri.
    Semoga saya bisa ke Palembang. Aamiin

  14. Veneesia dari Timur. Sebuah sebutan yg cantik sekali. Secantik kotanya di jaman dulu. Kalo cerita dari ayah dan nenekku memang begitu, Mas Hadi. Jadi, ga cuma karena sungai musi itu, tp anak sungai yang mengalir menuju ke Musi itu banyaaak sekali. Nah, kesemuanya itu di tengah kota. Nadi beneran kaya kanal-kanal di Venesia itu. Tp itu dulu. Sekarang banyak yg ditimbun jadi bangunan 🙁 masih ada beberapa anak sungainya, tapi kurang terawat. Walaupun saat ini sudah ada mulai dirapikan kembali. Btw, terima kasih sudah mampir ke Palembang, Mas Hadi. Salam cuko pempek! 😉

  15. Palembang bakal selalu jadi destinasi yg bakal aku kunjungi kedepan. Pengen banget makan pempek dari tempat alsinya. Baru tau juga palembang itu kota tertua di Indo sejak 688 M. Keren.

  16. Setiap kali bertugas ke Palembang, sudah jelas saya membawa koper ukuran besar meski hanya bertugas 3 hari. Kenapa? Titipan mpek2 pasti sudah panjang daftarnya dari temen2 kantor salatiga. hahaha.

  17. Songket palembang itu mahal guys. Merasa beruntung sekali saat aku dipersunting pemuda palembang dgn membawa hantaran salah satuny songket. Sampe keluargaku di Barus (sumut) sana terpesona. Krn mereka tau betapa mahalnya harga sebuah songket palembang. Alhamdulillah..

  18. Dalam buku Hitam Putih Majapahit, Palembang masuk kerajaan Sriwijaya ya? Ngomong-ngomong, waktu masih sekolah dulu, punya temen dari Palembang yang ngekos bareng. Kalau dia Mudik, pasti baliknya bawa pempek.

    Tapi sumur hidup belum pernah ke Palembang sih saya. Semoga suatu saat nanti bisa ke sana.

  19. Oh ternyata tertua ya kak, aku kira tertua itu ada di Nganjuk Jawa Timur hehe .. Dan paling ngiler memang di kota Palembang ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *