Cara Memakai Shampo yang Benar Saat Keramas

Cara memakai shampo yang benar ketika mengeramas rambut biasanya dilupakan oleh kebanyakan orang. Dalam memakai shampo, orang biasanya lebih berfokus kepada jenis shampo yang dipilih tanpa menyadari bahwa metode pemakaian shampo saat keramas juga bisa berpengaruh terhadap efektivitas kegiatan pembersihan rambut.

Hal ini juga termasuk cara memakai pasangan dari produk shampo yaitu kondisioner agar dapat berfungsi lebih efektif dalam melembutkan dan menyehatkan rambut secara maksimal.

man 979980 640

Seringkali orang beranggapan bahwa asalkan shampo berbusa di rambut sudah cukup, padahal pemakaian shampo yang tidak benar bukan hanya tidak mampu menyingkirkan kotoran dari rambut secara efektif, namun juga menimbulkan masalah baru berupa sisa-sisa shampo yang masih melekat dan tidak terbasuh dengan baik.

Cara memakai shampo yang benar dimulai sejak sebelum keramas yaitu dengan cara menyisir rambut. Menyisir atau menyikat rambut sebelum keramas berfungsi mengurai kekusutan serta membuat shampo lebih mudah menjalankan fungsinya dalam membersihkan seluruh bagian rambut. Jika anda tidak memiliki waktu untuk menyisir rambut, anda dapat memakai jari-jemari tangan untuk mengurai kekusutan yang terbesar.

Kemudian, ketika mulai mengeramas, pastikan bahwa seluruh bagian rambut dan kulit kepala benar-benar basah; hal ini memang memakan waktu agak lama terutama bila rambut anda panjang dan tebal, namun ini membantu agar shampo mampu membersihkan semua bagian secara maksimal dan tidak meninggalkan residu.

Usapkan produk shampo menggunakan ujung jari dan bukannya kuku hingga seluruh bagian kulit kepala anda terkena. Anda tidak perlu ikut memberi busa pada rambut kecuali bila rambut anda sangat kotor.

Untuk kondisioner, lakukan kebalikannya; fokuslah kepada helai-helai rambut alih-alih kulit kepala. Kebanyakan produk shampo meminta kita agar mengeramas rambut setiap hari atau mengulangi pemakaian setiap kali keramas.

Pada kenyataannya, jika anda hanya melakukan keramas rutin tanpa harus mencuci tumpukan kotoran, minyak atau lumpur di rambut, mengeramas rambut 2 kali seminggu tanpa mengulangi pemakaian shampo tiap kali keramas sudah cukup.

Yang terpenting bukanlah jumlah shampo yang anda pakai, melainkan cara memakai shampo yang benar.

Leave a Reply