6 Permainan Anak yang Tergusur oleh Gadget

Sadar nggak sih ada beberapa permainan anak yang tergusur oleh gadget? Adanya gadget sebenarnya memang membantu meringankan kebutuhan manusia. Namun, dari semua kelebihan yang diberikan, ada beberapa dampak yang ditimbulkan. Salah satunya dengan hilangnya permainan tradisional.

Dulu juga sebelum adanya gadget, anak-anak masih suka main bareng sama anak tetangganya. Tentu saja jauh sebelum ada pandemi akibat covid 19 seperti yang terjadi sekarang ini.

Jaman dulu ponsel belum secanggih sekarang yang bisa dipakai buat apa aja, yang bisa menyediakan permainan apa aja. Makanya anak jaman dulu lebih memilih memainkan permainan sederhana, untuk mengisi waktu bersama teman sebaya, sekaligus mengisi waktu luang.

Walau permaianya sederhana, namun dapat memberikan keceriaan ketika dimainkan. Postingan kali ini akan membantumu bernostalgia saat masih anak-anak. Kalau kamu anak 90an pasti familiar dengan semua permainan ini.

Permainan Anak yang Tergusur oleh Gadget

Permainan anak yang tergusur oleh gadget
Image by canva

Permainan apa aja sih yang sudah tergusur gadget? Kalau kamu pernah memainkan mainan ini, masa kecilmu pasti bahagia. Berikut permainan seru ketika itu yang sekarang sudah nggak ada.

Ingkling

Ingkling ini kebanyakan dimainkan oleh anak cewek. Namun tidak menutup kemungkinan juga anak cowok ikut mainan ini. Karena jaman dulu beda, cowok sama cewek seumuran bisa main bareng. Nggak kayak anak jaman sekarang yang udah keburu dicekoki sama sinetron tivi. Main bareng campur dikit aja udah diciye-ciyein.

Cara memainkannya juga gampang. Cukup gambar pola kotak di tanah, terus memilih batu yang dilemparkan, kalau di daerah saya disebutnya uncak, di daerahmu sebutannya apa? Kemudian anak yang sedang main, menginjak menggunakan satu kaki dan harus melompati kotak yang ada batunya.

Jaman sekarang kayaknya udah nggak ada lagi anak-anak yang mainan kayak gini.

Petak Umpet

Inget nggak sih kapan terakhir kali main petak umpet? Pasti jaman masih SD kan?

Permianan ini juga bisa dimainkan rame-rame. Anak-anak yang main petak umpet biasanya melakukan hompimpa dulu untuk menentukan siapa yang jaga.

Penjaga bertugas untuk menjaga bentengnya. Lalu menutup mata hingga berapa kali hitungan, biasanya sampai 10x hitungan. Saat penjaga menutup mata, pemain yang lain bersembunyi, yang ketahuan langsung kalah dan menjadi penjaga di putaran selanjutnya, tapi kalau ada yang lolos dari penjaga dan berhasil memegang bentengnya, dia akan menjadi pemenang.

Gobak Sodor

Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari tiga sampai lima orang anak. Salah satu dari tim akan berperan sebagai penjaga, sementara team lain akan berusaha menyeberang tanpa tersentuh oleh penjaga. Jika penyeberang bisa melewati penjagaan tanpa tersentuh oleh penjaga hingga bolak-balik, maka kemenangan akan diperoleh oleh team penyeberang. Begitu pun sebaliknya, jika penjaga berhasil menangkap semua penyeberang, maka permainan selesai dengan kemenangan team penjaga.

Congklak

Congklak dimainkan oleh dua orang. Umumnya yang sering memainkan permainan ini adalah anak cewek. Tapi nggak sedikit juga anak cowok yang ikut bermain ini.

Cara memainkannya juga mudah, cukup mengambil sebanyak-banyaknya biji berbentuk bundar ke dalam lumbung. Pemain yang mendapatkan biji terbanyak menjadi pemenangnya.

Layangan

Permainan ini dimainkan oleh anak cowok. Biasanya memainkan layangan ini paling asyik dilakukan di tanah lapang saat angin sedang banyak-banyaknya. Musim angin kencang ini biasanya terjadi di musim kemarau.

Biasanya bakal ada adu layang saat layangan diterbangkan oleh angin. Yang kalah adalah yang senar layangannya salah satu pemainnya putus. Kalau sudah putus biasanya semua pemain bakal berlari untuk memperebutkan layangan tersebut.

Kejar-kejaran

Nah ini nih yang seru banget. Jadi ingat jaman dulu kejar-kejaran sampai keringetan tapi nggak pernah ngerasa capek. Apalagi yang ngejar orangnya lembek, jadi kayak menang terus gitu.

Beda banget sama anak jaman sekarang yang males gerak. Apa-apa dimainin di hape. Apa mereka seceria anak jaman dulu ya?

Itulah tadi beberapa permainan anak yang tergusur oleh gadget. Jadi kangen nggak sih? Coba ingat-ingat lagi yuk permainan apa yang pernah kita mainkan? Komen di bawa ini!

Leave a Reply