Pijatan Perut Supaya BAB Lancar

Tips cara memijat perut agar lancar BAB. Pijatan perut supaya BAB lancar adalah hal yang sudah dibuktikan melalui penelitian yang telah dimuat melalui jurnal of general internal medicine. Sembelit atau biasanya disebut dengan konstipasi adalah suatu kondisi di mana frekuensi BAB tidak normal dan mengalami kesulitan.

Jika dalam satu minggu BAB Anda tidak mencapai 3 kali, maka Anda mengalami konstipasi. BAB adalah sebuah proses paling akhir dari tahap pencernaan dalam tubuh. Makanan yang Anda konsumsi akan melalui lambung, usus kecil, dan terakhir adalah usus besar.

Konstipasi akan semakin parah apabila dalam waktu 3 bulan terjadi secara berulang-ulang. Konstipasi memiliki banyak faktor pemicu seperti stress, pola hidup yang buruk, dan juga sebuah kondisi medis.

Oleh karenanya Anda perlu melakukan usaha mengatasinya seperti melakukan pijatan perut.

Sebelum Melakukan Pijatan Perut Supaya BAB Lancar, Kenali Dulu Faktor Penyebab Konstipasi

BAB yang tidak lancar dapat terjadi karena beberapa faktor. cairan yang masuk ke tubuh tidak memenuhi kebutuhan, adalah salah satunya. Masuknya cairan ke dalam tubuh adalah melalui perantara minuman dan makanan. Jika asupan kurang mengandung cairan, maka bab jadi tidak lancar.

Kebutuhan cairan yang cukup adalah minimal 2 liter setiap hari. Memakan makanan yang kurang serat terus menerus dapat juga menjadi pemicu konstipasi. Serat dapat diperoleh dari buah dan sayur yang digunakan untuk memperlancar proses pencernaan.

Faktor lainnya adalah Kurang olahraga atau aktivitas fisik lain yang melibatkan banyak gerakan tubuh. Aktivitas fisik memengaruhi usus agar bekerja dengan baik. Hindari juga stress dalam jangka waktu lama.

Produk makanan dari susu, cokelat, dan keju jika di konsumsi terlalu sering tidaklah baik untuk pencernaan.
Banyak orang menginginkan berat badan ideal dengan melakukan perubahan pola makan dan diet secara ekstrem, hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan pencernaan dan menjadi masalah BAB.

Akibatnya jika perut terasa sakit, maka biasanya seseorang meminum obat tertentu atau melakukan pijatan perut supaya bab lancar.

Padahal konsumsi obat sakit perut seperti obat pencahar, obat penghilang sakit, obat maag, antidepresan dan lainnya dalam jangka waktu panjang tanpa anjuran dokter adalah sebuah kesalahan dan bisa menimbulkan masalah sulit BAB.

Gangguan penyakit lain dalam tubuh juga berpengaruh.

Jika seseorang memiliki penyakit seperi gangguan gerakan usus atau biasa disebut dengan IBS, dan penyakit hipotiroid, dan kelainan berupa keganasan pada usus, maka dapat memicu sulit BAB.

Perubahan tempat dan cuaca seperti saat melakukan perjalanan juga termasuk juga dalam faktor penyebab masalah BAB.

Melakukan Pijatan Perut Supaya BAB Lancar

Selain minum obat, mengatasi BAB yang tidak lancar dapat dilakukan dengan cara memijat perut. Sebelum memulai pijatan, Anda perlu menyiapkan minyak urut serta matras yoga jika ada. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah adalah dengan berbaring terlentang dan buka perut Anda.

Langkah pijatan perut supaya bab lancar selanjutnya adalah, letakkan tangan Anda pada bagian bawah perut dan peganglah sembari bernapas dengan fokus. Buatlah tangan Anda menjadi hangat dengan digosok pada perut selama kurang lebih 30 detik. Oleskan minyak pijat yang sudah Anda siapkan ke perut Anda.

Awali memijat dengan dengan telapak tangan dengan gerakan memutar searah dengan jarum jam untuk beberapa kali. Kemudian pijat dengan membentuk gerakan garis pada bagian tengah perut dimulai dari bawah dada hingga tulang kemaluan Anda. Ulangi langkah ini sampai 3 kali di bagian kiri perut .

Beri jarak masing-masing 3 sentimeter. Setelah itu, tekanlah pusar Anda dengan jari Anda. Dengan cara yang sama, pijat dan tekan dengan lembut lingkar luar pusar dan arahnya searah putaran jarum jam. Lakukan pijatan di perut Anda selama kurang lebih 20 menit.

Memijat perut untuk mencegah sembelit dapat Anda lakukan dengan bertahap dimulai dari sebuah sentuhan yang ringan dan tambah tekanannya sedikit demi sedikit. Jangan Anda paksa untuk menambah tekanan jika ternyata yang Anda rasakan adalah tidak enak.

Pijat perut juga harus disertai dengan napas teratur. Pijat perut Anda sesuai kebutuhan saja sampai Anda merasa rileks. Hal penting yang harus Anda terapkan selain pijatan perut supaya bab lancar adalah dengan pola hidup yang sehat.

Leave a Reply