Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Tips menjaga kesehatan saat puasa merupakan hal yang wajib Anda pahami dengan baik. Pasalnya selama bulan puasa ini kita harus menekan rasa dahaga dan lapar dari mulai munculnya fajar sampai dengan tenggelamnya matahari. 

Sudah tentu daya tahan tubuh akan berkurang saat melakukannya, belum lagi masalah penyakit asam lambung yang sering kambuh di bulan puasa. Jika Anda tidak bisa menjaga kesehatan dengan baik, ada banyak risiko kesehatan yang mengintai.

Meskipun begitu, berpuasa ini memang memberikan dampak yang positif pada tubuh Anda. Hal ini sudah terbukti secara medis.

Hanya saja, hal ini harus diimbangi dengan asupan gizi yang sesuai setelah Anda berbuka. Bagaimanapun juga, tubuh membutuhkan kadar gizi yang seimbang baik saat berpuasa ataupun tidak.

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, tips ini tentunya bertujuan untuk menjaga kelancaran ibadah puasa Anda dan berbagai jenis ibadah lain di dalamnya.

Coba bayangkan jika Anda sakit. Justru Anda harus membatakan puasa tersebut dan membutuhkan penanganan medis, hal ini tentu sangat merugikan Anda. Untuk itu, inilah tips menjaga kesehatan selama puasa yang bisa Anda lakukan di rumah.

Cukupi Kebutuhan Air dalam Tubuh

Tips menjaga kesehatan saat puasa

Hal pertama yang wajib Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat puasa adalah mencukupi kebutuhan air. Selama berpuasa, Anda dilarang untuk mengonsumsi air hingga waktu berbuka tiba. Sebenarnya hal inilah yang membuat tubuh menjadi cepat lemas dan lelah. 

Air merupakan salah satu asupan wajib yang harus didapatkan oleh tubuh Anda. Karenanya Anda harus memastikan jika pasokan air ke dalam tubuh memadai. Jika sampai tubuh Anda kekurangan cairan, hal ini akan mendatangkan berbagai jenis penyakit yang tentunya akan sangat merugikan Anda.

Tidak perlu langsung meminum banyak air, Anda bisa mengonsumsinya secara bertahap pada saat berbuka dan sahur. Jika meminum dengan banyak sekaligus justru akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya dan rasa haus akan cepat datang lagi.

Konsumsi Makanan Bergizi

Tips menjaga kesehatan selama puasa selanjutnya adalah mengonsumsi makanan yang bergizi. Adalah sebuah sunnah jika Anda berbuka dengan yang manis-manis. Hal ini sangat bagus untuk lambung Anda karena rasa manis bisa memberikan rasa kenyang.

Kadar glukosa yang ada di dalamnya bagus untuk menghilangkan perih di lambung. Baca juga Kelemahan dan Kelebihan Domain .my.id

Namun ternyata makanan manis saja tidak cukup. Lengkapi menu berbuka dan sahur Anda dengan makanan yang bergizi. Makanan bergizi ini tidak harus selalu mahal.

Anda bisa memilih menu sesuai keadaan. Jangan sampai kekurangan makanan bergizi pada saat berpuasa karena hal ini bisa menurunkan daya tahan tubuh secara signifikan.

Tidak kalah penting, tips menjaga kesehatan selama puasa lainnya adalah perbanyak konsumsi buah-buahan.

Pada buah-buahan seperti ini terdapat kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh Anda. Selain membantu pergantian sel dan jaringan yang rusak pada tubuh, konsumsi buah-buahan ini akan membuat tubuh Anda tetap fresh pada saat berpuasa.

Lakukan Olahraga Ringan dan Istirahat dengan Cukup

Berpuasa bukan berarti berhenti melakukan olahraga. Anda bisa melakukannya sore hari. Perlu dicatat, tak harus selalu olahraga berat yang Anda lakukan. Olahraga ringan pun bisa berdampak sangat bagus terhadap kesehatan Anda.

Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan, dari mulai jogging, lari, skipping, bersepeda, dan lain-lain.

Tips menjaga kesehatan selama puasa satu ini wajib untuk Anda lakukan. Tidak kalah penting, istirahat merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda saat berpuasa.

Dengan beristirahat, tubuh Anda akan kembali ke performa maksimalnya. Begitupun saat berpuasa, istirahat ini merupakan hal yang begitu penting untuk dilakukan. Pasalnya bobot kerja tubuh dikuras saat Anda berpuasa seharian penuh ini.

Tanpa asupan makanan dan minuman, sudah tentu Anda akan lebih cepat lelah dalam beraktifitas saat berpuasa. Karenanya pada waktu senggang, maksimalkan waktu istirahat Anda. Jangan melakukan hal-hal yang tidak perlu. Inilah tips menjaga kesehatan selama puasa paling wajib untuk Anda lakukan.

Untuk yang Memiliki Kondisi Khusus, Konsultasi pada Dokter Ahli Sangat Dibutuhkan

Bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan tertentu, seperti misalnya gerd atau asam lambung, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli.

Pasalnya sering kali berpuasa akan membuat kondisi kesehatan lambung Anda jauh lebih buruk. Dengan berkonsultasi, dokter akan memberikan Anda tips supaya puasa menjadi jauh lebih lancar.

Jika memang tidak memungkinkan untuk berpuasa, tak usah memaksakan diri karena dalam Islam ada banyak sekali keringanan ibadah yang bisa Anda dapatkan. Maksimalkan puasa dengan tips menjaga kesehatan selama puasa yang bisa membantu ibdah Anda tersebut.

No Responses

Leave a Reply