Apa sih Beda Domain dan Hosting?

Untuk membangun suatu website dua hal utama yang dibutuhkan adalah domain dan hosting. Tapi mungkin yang selanjutnya muncul jadi pertanyaan itu apa sih beda domain dan hosting? Kenapa kok dikatakan penting? atau apa sebenarnya domain dan hosting itu?

Untuk itu perlu dibahas satu persatu.

Apa itu Domain?

beda domain dan hosting

Kalimat sederhananya, domain adalah alamat akses untuk website yang kita bangun. Untuk memudahkan user mengunjungi webiste kita, maka kita membutuhkan yang namanya domain. Selain itu fungsi domain juga berguna sebagai branding agar citra personal, maupun perusahaan menjadi lebih populer di kalangan netizen. Jadi buat akun personal yang sedang membangun personal branding sangat memerlukan domain ini.

Secara garis besar, domain dapat diartikan sebagai nama unik yang tujuannya untuk mengidentifikasi server pada suatujaringan internet. Jika dianalogikan dalam kamus umum, domain itu ibarat kata suatu petak tanah, sedangkan website adalah bangunan yang berdiri di atasnya.

Macam-macam domain

Kalau mau disebutkan semuanya, konon di dunia ini terdapat sekitar 600 macam domain. Albam, banyak amat ya. Namun secara garis besar macam-macam domain dapat dibedakan dalam beberapa jenis sebagai berikut

Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain atau biasa dikenal sebagai TLD adalah tipe domain yang paling sering digunakan secara umum, baik untuk keperluan personal maupun brand. Karenaa, tipe domain ini sangat populer dan mudah untuk dihafalkan. Adapun contoh top level domain itu meliputi .COM, .NET, .ORG, juga .Info.

Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Tipe domain yang ini tidak kalah populer dibandingkan dengan TLD. Sesuai dengan namanya, jenis domain yang ini termasuk kedalam kategori ccTLD yang merupakan domain dari kode suatu negara, untuk dijadikan sebagai identitas utama, misalnya seperti negara Indonesia yang menggunakan .ID, .UK untuk negara United Kingdom, .US untuk negara AS, dan .JP untuk negara Jepang.

Generic Top Level Domain

Generic Top Level Domain kemudian disingkat dengan gTLD awalnya adalah domain khusus yang ditujukan untuk instasi, seperti .EDU untuk website edukasi, atau .MIL pada website militer. Namun makin ke sini, baik website edukasi maupun militer, kebanyakan lebih memilih menggunakan TLD.

Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain (SLD) adalah turunan dari TLD yang yang penggunaanya lebih spesifik lagi. Contoh dari domain jenis Second Level Domain (SLD) ini adalah CO.ID, AC.ID, atau .BIZ.ID dimana masing-masing domain ditujukan untuk pengguna dari kalangan corporate, universitas, serta dari komunitas bisnis di Indonesia. Namun ada satu Second Level Domain lagi yang biasa digunakan oleh perseorang yakni .My.ID seperti domain pada blog ini.

Subdomain

Subdomain adalah turunan dari domain TLD yang biasanya dipakai oleh situs besar untuk mengarahkan pengunjung untuk mengakses konten tertentu supaya lebih spesifik. Subdomain ini biasanya terletak pada awal domain utama, dengan pemisah tanda titik (.) atau yang sering dibaca dengan dot. Jadi, penggunaan jenis subdomain ini bisa sangat fleksibel sesuai dengan selera maupun kebutuhan pemiliknya.

Apa itu Hosting?

beda domain dan hosting

Hosting adalah layanan yang digunakan untuk menyimpan data pada website yang kita kelola. Sama halnya dengan domain yang memiliki beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis hosting yang perlu diketahui:

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hostung yang paling murah. Banyak penyedia layanan hosting yang memberikan penawaran paket shared hosting dengan harga yang terjangkau. Untuk itu shared web hosting dianggap sanat ideal dipakai oleh usaha kecil menengah, blog personal, dan situs web untuk portofolio.

Kenapa terjangkau? Karena shared hosting ini sama seperti room shared, di mana cara sepelenya bilang kita menyewa hotel berdua dengan teman secara patungan. Karena dipake bareng temen, makanya jadi lebih murah.

Cloud Hosting

Berbeda dengan shared hosting, hosting jenis ini harganya jauh lebih mahal. Karena hosting jenis ini merupakan layanan yang setingkat lebih tinggi dibandingkan shared hosting, yang telah terkomputasi pada server cloud yang dalam bahasa Indonesia dibilang awan, dengan kecepatan yang diberikan membumbung tinggi setinggi awan.

Cloud hosting memberikan metode konfigurasi server yang lebih baik serta fleksibel yang memungkinkan untuk digunakan dalam banyak sever.

VPS Hosting

VPS hosting adalah singkatan dari Virtual Private Server hosting. VPS hosting memberikan penawaran mesin virtual untuk klien. Hampir mirip dengan shared hosting, satu komputer server bisa menjalankan banyak situs. Namun, teknologi virtualisasinya memungkinkan untuk setiap account diperlakukan sebagai mesin dengan sumber daya masing-masing yang terhubung langsung dengan sistem operasi.

Kesimpulan Beda Domain dan Hosting

Mungkin setelah membaca apa domain dan hosting serta jenis dan macamnya, malah bikin bingung. Jadi beda domain dan hosting itu apa? Simpelnya bilang beda domain dan hosting itu seperti ini: domain adalah alamat rumah, sedangkan hosting adalah rumah yang ada di alamat tersebut, yang berisikan segala macam furnitur, taman, dan semua hal yang berkaitan denga bangunan.

Di Indonesia ada banyak penyedia domain dan hosting, salah satunya domainesia. Kebetulan di domainesia lagi ada promo diskon 20% nih buat yang lagi nyari hosting barangkali bisa berguna sebagai rekomendasi.

Bagaimana cara membeli domain di domainesia? Gampang banget, cukup akses tautan di bawah ini:

https://www.domainesia.com/hosting/

domainesia

Bikin akun, terus pilih hostingnya mau yang extra, super atau monster. Di domainesia hostingnya murah, karena bisa dibayar perbulan.

Leave a Reply