Kekurangan Domain my.id

Kelemahan domain my.id – Domain my.id saat ini menjadi salah satu pilihan domain untuk para blogger. Harga pertahunnya yang sangat murah menjadi kelebihan dari domain ini. Biar begitu, namanya buatan manusia pasti nggak semuanya sempurna. Sama kayak domain ini yang punya kelemahan.

Sebelumnya saya pernah membahas tentang kelebihan dan kekurangan domain my.id secara lengkap. Postingannya masih ada dan masih bisa dibaca lagi buat yang perlu.

Tapi seperti yang telah saya singgung di atas, nggak ada satupun makluk yang sempurna, maka untuk itulah postingan ini dibuat. Silakan duduk yang manis, karena kali ini Pak Guru bakal bercerita kepadamu mengenai kelemahan domain my.id

Fakta Domain .my.id

Domain .my.id dihargai hanya Rp 10ribu. Artinya sangat terjangkau, bahkan anak sekolah sekalipun bisa memiliki dan membayar domain ini. Saya sendiri membeli domain .my.id ini langsung 5 tahun karena saking murahnya, dan biar nggak ribet aja kalau kalau muncul tagihan mesti perpanjang.

Dipakai Ribuan Pengguna

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia atau yang biasa kita kenal dengan singkatan PANDI, berhasil mencatat bahwa angka pendaftaran Nama Domain my.id per bulan Oktober di tahun 2019 ada sejumlah 2491 pengguna yang mendaftar.

Termasuk Domain Level Tinggi

PANDI dibuat oleh komunitas Internet Indonesia bersama pemerintah pada tanggal 29 Desember 2006 untuk menjadi registri domain .id.

Kemudian pada tangal 29 Juni 2007, Departemen Komunikasi dan Informatika RI secara resmi menyerahkan pengelolaan semua domain internet Indonesia kepada PANDI, kecuali domain go.id dan mil.id.

Lalu pada tanggal 16 September 2014, pemerintah selanjutnya menetapkan PANDI sebagai registri nama domain tingkat tinggi Indonesia.

Dijadikan Blog Ternakan

Faktanya adalah domain .my.id bisa dijadikan anakan blog di luar blog utama. Saya sendiri selain mengelola blog ini juga mengelola blog personal Hadi Kurniawan dan blog LifeStyle untuk diskusi.

Buat teman-teman yang pengen ternak blog tapi modal sedikit bisa coba invest ke domain .my.id

Angka ini telah meningkat 10 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata pendaftaran pada bulan sebelumnya yang cuma berjumlah 207 pendaftaran.

Kelemahan Domain my.id

Kelemahan domain my.id

Kali ini mungkin hanya sekadar sharing kelemahan domain .my.id yang pernah saya rasakan. Domain ini saya beli sejak 2019, artinya sudah jalan mau setahun, dan berikut ini kelemahan domain my.id yang saya rasakan, diantaranya:

Tampak Kurang Pro

Meskipun ada blogger yang menggunakan domain .my.id dan berhasil ngrusin sampai DA jadi di atas 20, tapi menurut saya kelemahan domain my.id ini tampak kurang pro.

Karena lebih mirip subdomain dengan dua kali penggunaan dot (.)

Mirip Subdomain

Kebanyakan domain hanya menggunakan satu kali dot (.), makanya kelemahan domain my.id ini menggunakan dua kaloi penggunaan dot (.) seperti yang biasa kita temukan pada subdomain.

Jarang Dapat Job

Sebenarnya alasan ini nggak subjektif dan nggak ilmiah karena nggak ada datanya. Tapi dibandingkan dengan domain saya .com yang lain, blog ini jarang dapat job.

Entah karena emang kelemahan domain my.id jadi dipandang agak kurang profesional kalau dibandingkan degan domain .com, atau karena advertiser punya pandangan lain.

Bikin Kecele

Ini baru saya alami tadi pagi, biasanya saya dapat email yang subjectnya Your Bid Status dari Vira kayak gini tuh, tanda kalau saya dapat job. Tapi pagi tadi saya kecele, saya malah dapat email ini sebagai penolakan. Lihat tangkapan layar di bawa ini:

Screenshot 2020 06 05 10 13 30 447 com.google.android.gm

Tadinya saya ngerasa kegirangan nih karena blog dengan domain receh gini diterima. Eh nggak taunya decline, alias diperintahkan secara halus buat ngebid pada job yang lain. Jadi ini menjadi salah satu kelemahan domain my.id sepanjang pengalaman saya membeli domain ini.

Selain beberapa yang tersebut di atas saya tidak menemukan lagi kelemahan domain my.id, artinya domain my.id ini juga bisa direkomendasikan untuk semua orang yang pengin punya domain level tinggi dengan minin budget.

Demikian postingan kali ini, semoga membantu meyakinkanmu untuk menggunakan domain my.id juga. Jadi paham ya, kalau ada pertanyaan silakan tinggalkan di kolom komentar, mari kita duduk bersama buat membuka diskusi.

Leave a Reply