Cara Mengatasi Tangan Berkeringat dengan 9 Hal Ini!

Bagaimana sih cara mengatasi tangan berkeringat? Dalam istilah kesehatan, telapak tangan yang keringat disebut dengan palmar hyperhidrosis. Ada banyak penyebab kenapa orang bisa mengalami telapak tangan berkeringat pada kondisi tertentu atau palmar hyperhidrosis, misalnya sebagai berikut:

  • cemas,
  • stres,
  • cuaca panas dan kegerahan,
  • usai melakukan aktivitas fisik yang berat,
  • makan makanan pedas,
  • bahkan sekadar menonton film seram atau bermain game.

Beberapa penyebab tersebut mengakibatkan naiknya kadar stress tubuh, sehingga dapat meningkatkan suhu tubuh.

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat
Cara mengatasi tangan berkeringat

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat

Sebagian orang sering mengalami tangan berkeringat. Dan kebanyakan orang yang mengalami ini, merasa risih karena mengganggu aktivitas. Lantas pertanyaannya gimana sih cara mengatasi tangan berkeringat?

9 hal di bawah ini disinyalir ampuh buat mengatasi tangan yang berkeringat.

Cuka Apel

Cuka apel mampu mengatasi tangan yang basah akibat berkeringat. Semu itu karena cuka apel mempunyai kandungan alpha hydroxy acid (AHA) alami yang dapat membantu mendorong pembentukan sel kulit baru dan juga dapat mengecilkan pori-pori kulit, sehingga mampu mengurangi produksi keringat berlebih.

Bahkan cuka apel yang organik dapat membuat telapak tangan berkeringat jadi lebih kering dengan cara menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh. Untuk memberikan efek terbaik pada telapak tangan berkeringat, oleskan cuka apel di telapak tangan yang basah, lalu biarkan semalaman. Kemudian bilas esok harinya.

Daun Sage

Mengatasi tangan yang berkeringat juga dapat dilakukan dengan menggunakan daun sage. Cara mengatasi tangan berkeringat yang paling gampang adalah 2 cara.

  1. siapkan daun sage kering dengan dibungkus kain tipis kecil, lalu remas-remas dalam kondisi tangan basah.
  2. masukkan beberapa lembar daun sage ke dalam air, rendam tangan yang berkeringat selama 20 menit.

Mengingat daun sage adalah salah satu tanaman herbal, maka pemakaian daun sage untuk konsumsi berlanjut dapat dikonsultasikan ke dokter.

Air Mawar

Air mawar umumnya berguna sebagai toner untuk mengecilkan pori-pori kulit. Cara menggunakannya cukup tuangkan beberapa tetes air mawar ke kapas, gosokkan ke telapak tangan dan biarkan mengering tanpa harus membilasnya. Atau dapatjuga simpan air mawar ke dalam botol spray agar dapat langsung semprot sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tisu Basah Beralkohol

Selain digunakan sebagai anti perspiran, tisu yang mengandung alkohol juga dapat menjadi alternatif untuk mengatasi tangan yang berkeringat.

Kandungan alkohol pada tisu basah yang mengandung alkohol dapat membantu mengecilkan pori-pori dan menekan produksi keringat tubuh. Cara ini paling sederhana dilakukan saat kondisi tangan telanjur basah di saat-saat yang genting dan penting.

Antiperspiran

Antiperspiran adalah zat kimia yang biasanya digunakan sebagai campuran bahan deodoran. Selain untuk mengurangi basah di ketiak, antiperspiran ternyata juga dapat dipakai untuk mengurangi tangan berkeringat yang basah.

Bahan yang terkandung pada antiperspiran mampu menyumbat kelenjar keringat yang dapat menekan produksi keringat sementara. Sehingga, zat ini dapat dimanfaatkan pada area tubuh lain, termasuk tangan.

Antiperspiran ini bisa bekerja optimal apabila digunakan pada malam hari karena akan memberi lebih banyak waktu pada tangan untuk menyerapnya.

Baking Soda

Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat [EBG]
Istockphoto/Getty Images/eskaylim

Kandungan alkali dan sifat basa yang terdapat pada baking soda mampu mengurangi tangan berkeringat dengan menguapkan keringat yang cepat.

Untuk menggunakannya, cukup campurkan beberapa sendok baking soda dengan air, aduk sampai bertekstur seperti krim. Oleskan baking soda ke tangan yang berkeringat dan diamkan selama lima menit, lalu bilas tangan sampai bersih.

Bedak Bayi

Selain mampu menyerap cairan, aroma bedak bayi yang khas juga bisa digunakan untuk mengurangi bau yang dikeluarkan akibat keringat. Setiap telapak tangan basah, taburkan sedikit bedak bayi lalu ratakan.

Membawa botol bedak bayi kemasan kecil ke mana-mana bisa dilakukan untuk mengatasi tangan yang berkeringat sepanjang hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa pilihlah bedak bayi yang tidak menimbulkan efek lengket.

Rajin Cuci Tangan

Sering mencuci tangan mampu membantu mendinginkan kulit. Namun hindari menggunakan sabun jika tangan tidak benar-benar kotor. Karena sabun ternyata juga dapat mengeringkan kulit serta mampunmenstimulus kulit untuk lebih berkeringat.

Pastikan untuk mengeringkan tangan secara menyeluruh menggunakan handuk untuk menghilangkan efek lembab pada permukaan kulit. Meskipun hanya berdampak sebentar, metode ini juga dapat membantu menjawab pertanyaan cara mengatasi tangan berkeringat dengan cepat.

Perbanyak Minum Air Putih

Dengan memperbanyak minum air putih akan membantu menurunkan suhu tubuh dan menenangkan saraf. Selain itu, minum air putih sebenarnya juga dapat mencegah hasrat untuk ngemil rasa asin atau pedas yang menjadi penyebab retensi air dan hyperhidrosis.

Jadi mitos bahwa memperbanyak minum air dapat meningkatkan produksi keringat tidaklah benar. Justru dengan semakin banyak minum, maka akan semakin sedikit keringat yang keluar, termasuk pada keringat di telapak tangan.

Leave a Reply