Pengertian Hidrometer dan Pengertian Hidrosefalus

Hai, apa kabar, Anak-anak? Dalam pertemuan kali ini Pak Guru akan menjelaskan apa itu pengertian hidrometer dan pengertian hidrosefalus. Apakah keduanya tampak asing? Atau sudah familiar?

Baik, kalau kamu sedang mencari tahu informasi tentang pengertian hidrometer dan pengertian hidrosefalus, postingan kali ini saya harap bisa membantumu untuk menemukan jawabannya.

Mari kita bahas semuanya satu persatu.

pengertian hidrometer
Image by dominickkrolik from Pixabay

Pengertian Hidrometer

Ini dia pengertian hidrometer yang penting untuk diketahui. Hidrometer adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur massa jenis suatu cairan. Hidrometer biasanya dikalibrasi untuk kegunaan yang berbeda-beda tergantung tujuannya. Nilai massa jenis cairan diketahui dengan cara membaca skala yang tampak pada hidrometer yang mengapung pada zat cair. Sebagai berikut:

  • Untuk mengetahui massa jenis susu, dapat ditentukan kadar lemak susu dengan menggunakan lactometer,
  • Kepadatan gula dalam cairan menggunakan saccharometer, atau
  • alcoholometer untuk mengukur tingginya tingkat alkohol yang lebih tinggi dalam roh. 

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat pada video di bawah ini:

Cara Menggunakan Hidrometer

Setelah mengetahui pengertian hidrometer, sekarang kita cari tahu cara menggunakan hidrometer. Ini berguna untuk memudahkanmu memahami pengertian hidrometer di atas yang mungkin saja kalimatnya agak susah.

  • Siapkan hidrometer beserta zat cair yang akan di ukur massa jenisnya
  • Siapkan wadah atau tabung
  • Pastikan hidrometer dalam keadaan bersih dan telah terkalibrasi dengan baik, 
  • Masukkan hidrometer ke dalam tabung yang sudah terisi dengan zat cair yang akan diukur massa jenisnya
  • Hindari pembentukan gelembung udara pada saat melakukan pengukuran
  • Usahakan juga hidrometer dalam keadaan lurus supaya mempermudah saat melakukan pembacaan
  • Baca hasil pengukuran yang tertera pada skala.

Cara Membaca Hasil Pengukuran Hidrometer

Membaca hasil pengukuran hidrometer caranya adalah dengan melihat skala yang tampak pada zat cair yang naik dalam hidrometer. Satuan yang dipakai dalam pengukuran ini adalah g cm-3 yang merupakan massa jenis relatif.

Itulah tadi pengertian hidrometer dan cara menggunakannya. Selanjutnya yang akan kita bahas adalah pengertian hidrosefaulus. Apasih pengertian hidrosefaulus? Mari kita bahas!

Pengertian Hidrosefalus

Berbeda dengan hidrometer yang merupakan alat ukur zat cair. Pengertian hidrosefalus ini berkaitan dengan kesehatan. Jadi bakal tidak ada kolerasinya antara pengertian hidrosefaulus dengan pengertian hidrometer yang sebelumnya kita bahas.

Baiklah, kita lupakan sejenak pengertian hidrometer, karena kita akan fokus ke pengertian hidrosefalus. Mengutip pernyataan dari dr. Tjin Willy dari laman aladokter, hidrosefalus merupakan penumpukan cairan yang terjadi di rongga otak, sehingga mengakibatkan tekanan pada otak yang meningkat.

Peengertian Hidrosefaulus
Dilated ventricles of the brain, MRI

Pada bayi dan anak-anak, hidrosefalus dapat membuat ukuran kepala membesar. Sedangkan pada orang dewasa, kondisi ini dapat menimbulkan sakit kepala yang hebat.

apakah penyakit hidrosefalus bisa disembuhkan?

Untuk mengatasi penyakit hidrosefalus langkah yang dapat dilakukan adalah dengan melalui operasi. Operasi ini dilakukan untuk membuang kelebihan cairan serebrospinal yang terjadi di dalam otak. Jenis operasi yang diterapkan pada penderita hidrosefalus adalah operasi pemasangan shunt, yakni alat khusus yang berbentuk selang biasanya dipasangkan ke dalam kepala untuk mengalirkan cairan otak ke tubuh yang lain, biasanya ke daerah perut atau jantung.

Selain itu, ada juga jenis operasi lain yang dapat digunakan untuk menangani penyakit hidrosefalus, yaitu endoscopic third ventriculostomy (ETV). Berbeda dengan operasi shunt, prosedur ETV, cairan serebrospinal akan dibuang dengan cara membuat lubang penyerapan baru pada permukaan otak. Cara ini biasanya diterapkan pada kasus hidrosefalus yang dipicu akibat penyumbatan pada ventrikel otak.

Apa Penyebab Seorang Anak Bisa Mengalami Hidrosefalus?

Pada kondisi tertentu, pembuluh darah dapat mengalami kesulitan dalam menyerap zat limbah. Beberapa pemicu terjadinya penyakit hidrosefalus di antaranya:

  • Buruknya mekanisme penyerapan cairan akibat terjadinya radang atau cedera pada otak.
  • Aliran cairan serebrospinal yang terhambat akibat kelainan pada sistem saraf.
  • Infeksi janin saat masih di dalam kandungan yang menyebabkan radang pada jaringan otak janin.
  • Perdarahan di dalam otak.
  • Tumor otak.
  • Cedera parah di kepala.
  • Penyakit stroke.

sumber: https://www.halodoc.com/terserang-hidrosefalus-bisakah-disembuhkan

Btw, buat yang suka masak dan suka cari resep, saya mau rekomendasikan resep masakan rinaresep.com di postingan blog saya yang lain.

Itulah tadi pengertian hidrosefaulus, ternyata beda banget dengan pengertian hidrometer ya. Kalau hidrometer adalah istilah pada ilmu fisika, hidrosefaulus ini adalah istilah yang ada di dunia kesehatan.

Semoga pembahasan kali ini berguna, dan sampai jumpa di pertemuan yang lain. Silakan tinggalkan komentar jika ada yang ingin disampaikan.

Salam!

4 Comments

  1. Ikrom Juli 5, 2020
    • Hadi Kurniawan Juli 13, 2020
  2. DIA BUAK DOKTER Juli 12, 2020
    • Hadi Kurniawan Juli 13, 2020

Leave a Reply