Pengertian Video Conference dan Alasan Terbaik Menggunakannya

Diposting pada

Untuk membahas pengertian video conference, yang perlu dipahami adalah istilah dalam bahasa Indonesia yang sebenarnya mungkin sudah biasa kita dengar, yakni konferensi video.

Video conference biasanya digunakan untuk kuliah jarak jauh oleh mahasiwa yang berada di satu kota dengan dosen yang tengah berada di di kota lain. Dengan pengertian video conference tersebut, maka pantas saja banyak dicari, karena cocok dengan situasi pandemi seperti sekarang ini.

Selain digunakan oleh mahasiswa dengan dosen, video conference biasanya juga digunakan untuk mendukung rapat jarak jauh antar cabang perusahaan di kota lain. Dengan menggunakan Video Conference ini pelatihan yang dilakukan atau yang sekarang sering disebut dengan webinar yang dilakukan oleh seorang pakar dapat dilakukan dari jarak jauh.

Atau dapat juga dilakukan oleh dokter yang berada di ruang Operasi kepada dokter lain pada saat pelatihan.

Pengertian Video Conference




Image by Alexandra_Koch from Pixabay

Jika harus ditarik pengertian Video conference merupakan layanan atau fasilitas yang digunakan untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada di lokasi yang berbeda dengan menggunakan komunikasi Audiovisual yang terhubung internet.

Sumber lain menjelaskan pengertian video conference sebagai teknologi inti yang digunakan dalam konferensi video melalui sistem kompresi digital audio dan video stream secara daring.

Sistem video conference biasanya ada 2 macam:

  • Sistem Terdedikasi
  • Sistem Desktop

Sistem Terdedikasi

Ada beberapa jenis perangkat yang dapat didedikasikan untuk video conference, sebagai berikut:

  1. Video conference dalam kelompok besar – nonportabel, besar, sehingga harus menggunakan perangkat yang lebih mahal untuk ruangan besar dan auditorium.
  2. Video conference kelompok kecil – nonportabel atau portabel, lebih kecil, perangkat yang digunakan lebih murah mengunakan ruang rapat kecil.       
  3. Video conference individual – biasanya perangkat yang digunakan lebih portabel, dimaksudkan untuk satu pengguna saja, mempunyai kamera tetap, mikrofon, dan pengeras suara terintegrasi ke dalam konsol.

Sistem Desktop

Sistem desktop biasanya menggunakan hardware ke komputer pribadi untuk mentransformasikannya menjadi alat yang dapat digunakan untuk melakukan video conference. Video conference dilakukan melalui komputer atau smartphone yang digunakan untuk melakukan pertemuan secara virtual atau e-meeting.




Mengapa menggunakan Video Conference?

Dengan adanya fasilitas audio visual secara real time ini akan membuat komunikasi terasa nyata meskipun sebenarnya hanya virtual. Sehingga peserta seakan-akan berhadapan langsung dengan peserta lain meski berada di kota/negara lain.

Kelebihan ini menjadi investasi yang diberikan oleh suatu perusahaan untuk mengurangi Biaya perjalanan/dinas ke kota/Negara lain tanpa mengunjungi langsung.

Untuk mendukung kinerja dari Sistem Video Conference, maka ada beberapa perangkat yang diperlukan. Setidaknya ada dua Topologi dasar dalam sistem Video Conference, yaitu

  • Point-to-Point – Topologi Point-to-point dipakai bila hanya terdapat 2 lokasi atau 2 endpoint saja yang berkomunikasi.
  • Multipoint – Topologi Multipoint dipakai bila ada 2 atau lebih tempat atau endpoint yang akan saling berkomunikasi. Untuk topologi ini, diperlukan pula minimal 1 buah perangkat Infrastruktur yang wajib terinstal, yaitu MCU (Multipoint Control Unit).

Notes: MCU dapat diibaratkan sebagai Virtual Room, di mana peserta dari berbagai daerah bisa berkumpul dan bertemu di dalamnya. MCU ini digunakan untuk mengontrol Video Conference yang sedang berjalan.

Manfaat Video Conference

Setelah paham pengertian video conference, kita bahas juga manfaatnya. Di tengah pandemi gini banyak sekali solusi video conference terutama berbasis software, web conference ataupun could video conference dari yang gratis sampai yang berbayar sekalipun.

Aplikasi gratisan contohnya adalah Skype, Google Meet, Zoom etc), sedangkan aplikasi yang berbayar adalah (Skype For Business/Lync, Cisco Jabber, Zoom, WebEX, etc). Menariknya aplikasi ini tidak hanya dapat diggunakan melalui PC / Laptop saja, karena kita juga sudah dapat menggunakan video conference pakai aplikasi di atas dari smartphone.

  • Manfaat video conference untuk pribadi:
    1. Meningkatkan kolaborasi, komunikasi, dan aliran informasi
    2. Komunikasi menjadi efektif dan lebih baik, dimana informasi dapat lebih cepat dibagikan.
    3. Proses komunikasi menjadi lebih efisien dalam hal biaya, waktu, dan  jarak.
    4. Dengan menggunakan video conference, perangkat kolaborasi lainnya dapat dipakai secara simultan. Berbagi presentasi, dokumen dan sebagainya, karena sekarang juga ada zoom yang memberikan fasilitas share screen.
  • Manfaat Video Conference untuk Perusahaan
    1. Meningkatkan Kualitas Komunikasi.
    2. Meningkatkan Produktivitas Kerja.
    3. Meningkatkan Kesempatan Karyawan untuk Lebih Berkembang.
    4. Menciptakan Lingkungan Kerja Kompetitif dan Sehat.

Contoh Video Conference

Salah satu contoh video conference adalah rapat, pelajaran daring, pembukaan atau penutupan acara resmi, dan sebagainya. Salah satu contoh video conference yang dapat saya contohkan adalah penutupan kegiatan Bimtek Guru Pembimbing Khusus berikut ini:

Contoh video conference




18 thoughts on “Pengertian Video Conference dan Alasan Terbaik Menggunakannya

  1. Di masa pandemi seperti saat ini video conference sering banget kita pakai untuk menggantikan beberapa kegiatan yang biasanya kita lakukan pada saat normal. Meski harus boros kuota dan terkadang putus-putus kalau pas hujan hehehe

  2. Jadi tahu seluk beluk seputar video conference. Makasih sharingnya, Mas Guru ..:)
    Sejak awal pandemi anak-anakku (SD kelas 5 dan SMP kelas 9) sudah pakai zoom meeting dan google meet. Aku juga ada beberapa event blogger pakai zoom meeting dan skype. ..dan ternyata teknologi menjembatani terhambatnya banyak aktivitas karena pandemi. Banyak hal yang mesti dipelajari dan jadi wawasan baru termasuk penggunaan VC ini

  3. Video conference ini sangat bermanfaat di masa sekarang ini, membantu mengatasi beberapa masalah tetapi harus tetap didukung dengan jaringan internet yang bagus supaya semuanya berjalan dengan lancar

  4. Maaf OOT. kenapa lucu banget yaa header blognya hehehe. Pengin dibikinin ilustrasi kayak gitu. Eh

    Btw seringkali pakai video conference memang bakal menghambat sekali kalau jaringannya jelek. Yang kepikir adalah, gimana yaa kalau yg ayah ibunya ngga pasang wifi, udah gitu beli kuota aja megap2 untuk sekolah daring kayak gini. Huhu mudah2an segera berlalu pandemi ini. Aamiin

  5. Memang saat ini video conference menjadi salah satu solusi untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Biasanya rapat di satu ruangan, sekarang bisa dilakukan via aplikasi. Ya, beginilah cara agar bisa tetap terhubung di era sosial distancing.

  6. Jadi zoom ini sama seperti skype ya, ada versi gratis dan juga berbayarnya?.
    .
    Seneng sih ada banyak aplikasi buat video conference, jadi walaupun jauh bisa tetap tatap muka dengan banyak orang. Cuma ya itu kalau sinyal jelek jadinya ambyar, ketinggalan obrolan hehe

  7. Di masa pandemi ini yg serba keterbatasan bertatap muka dengan individu lain memang bisa disiasati dengan video conference. Mungkin awalan sulit ya untuk beradaptasi namun kalau sudah dipelajari akan menjadi mudah

  8. Makasih sharingnya pak guru. Zaman pandemi begini, video conference memang sangat membantu banget. Biar pekerjaan dan pendidikan tetap lancar. Soalnya paksupun yang biasanya meeting ke luar kota sekarang meeting pake VC saja, begitupun anak-anak yang sedang menjalani PJJ.

  9. Zaman now di masa pandemi memang video conference lah yang jadi solusi ya pak guru. mulai belajar daring hingga semua pelatihan dilakukan via conference.
    Memang sulit dibayangkan bila gak ada video conference ini, entah gimana anak-anak yang belajar daring.

  10. Terbantu banget ini ada banyak platform komunikasi untuk video conference. Saya pun kemarin sempat nyoba jadi pembicara ngasih kuliah penulisan populer untuk KKN mahasiswa eks kampus saya. Jarak jauh. Asik juga ternyata Pak Guru.

  11. Memang sekarang platform video conference ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan ya Pak Guru. Terutama untuk dunia pendidikan, ini sangat berguna sekali

  12. biasanya video conference di kantor meeting pakai ini untuk terhubung kepada cabang yang ada di luar kota, kalau untuk yang wfh masih menggunakaan zoom atau gugel meet sie . Kalau Video conference itu jaringan internet harus kuat ya.

  13. Kalo saya menggunakan google meet dan zoom, Alhamdulillah lancar dan berjalan. Kendala memang sinyal dan ketersediaan kuota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *