4 Cara Mudah Menghafal Alquran Paling Efektif Bagi Pemula

Diposting pada

Cara Mudah Menghafal Alquran – Salah satu jenis amalan paling baik serta ingin diraih oleh umat Islam yaitu menghafal Alquran. Banyak keutamaan yang dapat diperoleh apabila seseorang menghafal Alquran dengan baik dan benar. Salah satunya adalah pahala yang akan diberikan Allah SWT kepada para penghafal Alquran.

Namun dalam proses menghafal Alquran, diperlukan adanya waktu yang cukup lama dan bertahap. Berikut ini beberapa cara mudah menghafal Alquran, terutama bagi para pemula.

Baca juga Pemanfaatan Tanah Wakaf yang Baik

Mengetahui Cara Mudah Menghafal Alquran

Cara Mudah Menghafal Alquran
dari pixabay.com

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghafal Alquran secara efektif dan mudah, terutama bagi para pemula, antara lain:

Niat Ikhlas Karena Allah

Poin penting yang harus anda perhatikan dalam menghafalkan Alquran adalah dalam hal niat. Dapat dikatakan niat yang benar merupakan salah satu syarat dalam menghafal Alquran. Dengan niat yang lurus dan ikhlas karena Allah, maka rasa lelah, perasaan sulit, serta malas tidak akan menjadi penghalang dalam menghafal Alquran.

Memperbaiki Bacaan

Sebelum memulai menghafal Alquran, hal penting yang harus anda lakukan adalah memperbaiki bacaan. Hal ini bertujuan agar anda terhindar dari salah baca serta adanya kekeliruan dalam membaca Alquran. Kita ketahui, membaca Alquran memiliki banyak keutamaan. Akan tetapi, apabila dalam membaca Alquran masih banyak kesalahan, justru akan mengurangi pahala.

Memakai Satu Jenis Mushaf Alquran

Pada masing-masing penerbit, Alquran seringkali mempunyai tampilan berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan anda menghafal dengan menggunakan mushaf Alquran yang sama. Menghafal Alquran dapat diibaratkan dengan merekam gambar ke dalam memori. Dengan demikian, bentuk mushaf dapat berpengaruh terhadap struktur hafalan anda pada memori otak.

Muroja’ah

Cara ini juga dapat dikatakan dengan dibaca secara berulang-ulang. Dengan cara ini, akan mempermudah dalam menghafal ayat pada ingatan anda. Maka jangan sampai karena telah merasa hafal sejumlah halaman, kemudian anda tinggal hafalannya dan tanpa mengulangi lagi dalam waktu yang lama. Hal ini justru dapat menyebabkan hilangnya hafalan tersebut.

Cara mudah menghafal Alquran lainnya yang dapat anda tempuh antara lain menggunakan metode menghafal Alquran. Anda dapat melakukannya dengan menghafal per halaman atau per ayat. Selain itu, anda juga dapat memasang target dalam menghafal Alquran.

Sumber: https://cendekiaprivat.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *