5 Penyebab BAB Terus Menerus Menurut SehatQ.com

Diposting pada

Orang yang bisa BAB sebenarnya menunjukkan kalau sistem pencernaan kita bagus. Tapi apa yang terjadi kalau kita mengalami BAB terus menerus? Tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas. Apa aja sih penyebab BAB terus menerus?

Sebenarnya, BAB terus-menerus dapat diakibatkan oleh berbagai masalah kesehatan atau bahkan penyakit. Oleh sebab itu, mengenali penyebab BAB terus menerus ini dapat membantu kita untuk mencari pengobatan yang terbaik.

Penyebab BAB Terus

Penyebab BAB terus
dari SehatQ.com

Sebetulnya tidak ada ukurannya jumlah berapa kali BAB, karena masing-masing individu bakalan berbeda-beda kondisinya. Namun umumnya, BAB dialami sehari sekali. Tapi ada juga yang mengalami BAB tiga kali selama seminggu.

Dilansir dari sehatQ.com, setidaknya ada 9 penyebab kita bisa mengalami BAB secara terus menerut. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Pola Makan

Pola makan bisa menjadi penyebab BAB terus menerus. Namun ini tidak berbahaya. Terkadang terlalu banyak mengonsumsi buah dan sayur, akan membuat kita mengalami BAB secara terus-terusan.

Hal ini karena buah dan sayur mengandung serat yang baik untuk pencernan, sehingga feses yang kita hasilnya akan sangat halu dan membuat kita tercegah dari penyakit sembelit, jadi BAB kita lancar, bahkan tak jarang kita juga bakal mengalami BAB terus.

Olahraga

Olahraga yang teratur juga bisa jadi penyebab BAB terus-menerus. Karena, berolahraga mampunmelancarkan proses pencernaan dan juga meningkatkan kontraksi yang ada pada otot di usus. Sehingga mengakibatkan BAB jadi lebih lancar. Itulah mengapa penderita sembelit biasanya lebih disarankan untuk rajin olahraga supaya dapat melancarkan BAB.

Ovedosis Kopi

Konsumsi kopi yang berlebihan ternyata tidak baik untuk pencernaan. Karena overdosis kopi juga bisa menjadi penyebab BAB terus-terusan. Sebab, kandungan kafein yang ada di dalam kopi hanya akan merangsang terjadinya pergerakkan otot di usus besar.

Belum lagi, kafein mempunya efek pencahar yang akan membuat feses kita bergerak lebih cepat menuju usus besar.

Stress

Ketika kesehatan mental kita terganggu, efeknya juga bisa berakibat pada pencernaan kita.

Saat stres, fungsi tubuh kita menjadi tidak stabil sehingga proses pencernaan kita pun akan terganggu. Efek akhirnya akan mengundang diare dan membuat kita jadi lebih sering BAB.

Mens

Mens pada wanita juga dapat memicu BAB terus-menerus. Para peneliti pun mempercayai bahwa, kadar hormon estrogen dan progesteron yang lebih rendah saat fase menstruasi dapat memicu kram pada usus besar. Saat usus besar Anda mengalami kram, maka buang air besar akan sering terjadi.

Itulah 5 penyebab BAB terus menerus yang mungkin terjadi pada siapa saja. Pengobatan untuk mengatasi kondisi BAB yang terjadi terus-terusan tentu berbeda-beda, tergantung dari bagaimana penyebabnya.

Baca juga Pijatan Perut Supaya BAB Lancar

Informasi kesehatan seperti ini dapat dengan mudah ditemukan di SehatQ.com, selain gampang informasinya juga valid dan dapat dipercaya.

Selain itu juga ada beberapa fitur menarik yang tentunya akan membantu kita dalam menjaga kesehatan diri, seperti:

  • Aplikasi Chat Dokter: yang berguna untuk membantu kita dalam konsultasi dengan dokter yang andal secara online. Ini membantu kita dalam bertanya ke dokter dari rumah. Apalagi di jaman pandemi kayak gini, kita emang dituntut buat di rumah aja.
  • Toko SehatQ: fitur ini berguna untuk menemukan obat yang sesuai sama penyakit kita. Cara carinya juga mudah, tinggal ketik apa yang kita mau melalui kolom pencarian yang ada di SehatQ.com
  • Tindakan Medis: fitur tindakan medis ini berguna untuk kita yang ingin melakukan segala hal berkaitan dengan tindakan medis, seperti transfusi tukar, pasang tampon hidung, tes darah, operasi gaglion dan sebagainya.
  • Promo: memberikan promo menarik yang pastinya berguna buat kita semua, seperti rapid test, swap test, vaksinasi, imunisasi dan lain-lain.

Tentu tidak hanya itu saja, karena masih banyak menu-menu di sehatQ.com yang dapat kita gunakan untuk mencari informasi kesehatan dan segala hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Karena di SehatQ.com terdapat 34.104 dokter ahli yang bakal membantu kita dalam konsultasi kesehatan, 9.593 artikel kesehatan bahkan yang berkaitan dengan pola makan dan banyak kategori lain, 1.152 direktori pembahasan mengenai berbagai penyakit, serta bekerjasama dengan 3.383 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *