5 Penyakit yang Dapat Terjadi Akibat Kolesterol Tinggi

Diposting pada

Tahukah apa apa saja dampak yang timbul akibat kolesterol tinggi?

Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Sedangkan kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol yang berada dalam darah sudah melampaui kadar normalnya, sehingga berpengaruh buruk bagi tubuh. Kolesterol yang tinggi merupakan ketidakseimbangan kolesterol yang terjadi akibat tingginya kadar kolesterol.

Kadar kolesterol yang tinggi berarti banyak kandungan lemak yang ada dalam darah. Jika hal ini didiamkan, lemak bisa mengendap pada pembuluh darah dan menghalangi saluran darah. Situasi ini bakal menimbulkan berlangsungnya beberapa penyakit, termasuk hipertensi dan penyakit jantung.

Agar kita dapat terbebas dari beberapa penyakit akibat kolesterol tinggi, yang perlu kita lakukan adalah mengontrol takaran kolesterol supaya tetap normal.

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia yang didiamkan begitu saja hanya akan membuat pembuluh darah menjadi menyempit dan mengeras (aterosklerosis). Situasi berikut ini yang bakal riskan dan menimbulkan beberapa penyakit yang serius.

dari pixabay.com

Beraneka Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Agar bisa dipahami dan sebagai wawasan kesehatan, di bawah adalah beberapa penyakit yang berlangsung akibat kolesterol tinggi, untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa penjelasan dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi.

1.  Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) berlangsung ketika dorongan dalam pembuluh darah melewati batas normal. Salah satunya disebabkan oleh merupakan timbunan kolesterol yang membuat pembuluh darah menyempit, sehingga jantung perlu bekerja lebih keras dan berikan dorongan tambahan untuk memompa darah. Jika didiamkan, semakin lama kemampuan jantung juga akan memiliki kinerja yang menurun.

2.  Penyakit Jantung Koroner

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah bisa menimbulkan timbunan lemak atau plak pada dinding pembuluh darah arteri, termasuk pembuluh darah di jantung (pembuluh darah koroner).

Perihal ini bisa mengakibatkan saluran darah ke jantung jadi sedikit dan berisiko terkena penyakit jantung koroner. Jika tak segera diatasi, penyakit ini akan mengakibatkan serangan jantung secara tiba-tiba.

3.  Penyakit Stroke

Lemak tak hanya berada pada pembuluh darah jantung, tapi lemak juga dapat menimbun pada pembuluh darah otak. Jika Saluran darah ke otak terhalang dan terhambat, maka organ ini bakal kekurangan gizi dan oksigen, hingga terbentuklah stroke.

Kita pastinya tak ingin terserang penyakit ini, oleh karena itu menjaga kadar kolesterol sangat diperlukan oleh setiap orang agar ingin tetap sehat.

4.  Penyakit Arteri Perifer

Tersumbatnya pembuluh darah karena kolesterol tinggi dapat juga berlangsung pada pembuluh darah kecil. Situasi ini dikenali selaku penyakit arteri perifer. Pembuluh darah yang kerap terserang penyakit arteri perifer merupakan pembuluh darah di tungkai dan kaki. Juga pada beberapa kejadian, penyumbatan berlangsung di pembuluh darah di ginjal.

5. Diabeter Tipe-2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang berhubungan dengan kolesterol tinggi. Diabetes bisa memengaruhi kadar kolesterol yang berbeda. Bahkan apabila kontrol gula darah baik, pengidap diabetes cenderung akan mengalami peningkatan trigliserida, penurunan HDL, dan peningkatan LDL. Sehingga hal ini dapat meningkatkan potensi terjadinya aterosklerosis.

Saatnya untuk Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Tubuh

akibat kolesterol tinggi
dari pixabay.com

Untuk mengurangi dampak timbulnya beberapa penyakit di atas, kita perlu mengatur kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Cara ini dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengontrol pola makan yang bergizi yang sehat dan seimbang, dibarengi dengan melakukan olahraga ringan secara teratur.

Pola makan yang disarankan untuk mengatur takaran kolesterol merupakan pola makan yang rendah lemak jenuh dan dan kaya akan serat pangan larut. Misalnya merupakan sejumlah bijian utuh, gandum, nasi merah, buah, dan sayur-sayuran.

Baca juga 5 Jus Penurun Kolesterol

Jika konsumsi makanan keseharian kita tak cukup buat memenuhi kepentingan serat, kita bisa mengkonsumsi produk suplemen yang mempunyai kandungan yang mirip. Misalkan suplemen berbentuk minuman yang lebih efektif untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh.

Atau jika ingin mengkonsumsi makanan dari sebuah produk, pilihlah produk dengan info ‘kaya serat pangan larut’ atau ‘soluble fiber‘, dan ditulis ‘dapat menolong turunkan kolesterol’ yang tertulis pada kemasan. Cek dan pastikan produk minuman itu sudah dicermati dan disepakati oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Bacalah keterangan pada kemasan saat membeli produk berbagai jenis makanan. Kita bisa memilih produk yang memiliki kandungan beta glucan dan inulin. Ke-2 zat ini sebagai tipe serat pangan larut yang berguna untuk mensupport kemampuan pola pencernaan, dan menolong turunkan kadar kolesterol jahat.

Kesimpulan

Apa saja penyakit yang timbul akibat kolesterol tinggi?

Kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit serius. Beberapa penyakit tersebut di antaranya adalah tekanan darah tinggi, penyakit arteri perifer, stroke dan serangan jantung koroner.

Bagaimana cara mengontrol kadar kolesterol tubuh?

Cara ini dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengontrol pola makan yang bergizi yang sehat dan seimbang, dibarengi dengan melakukan olahraga ringan secara teratur.

Apa risiko kolesterol yang tinggi?

Jumlah kolesterol yang terlalu banyak di dalam darah dapat menyebabkan pembuluh darah mengeras atau menyempit (aterosklerosis). Jika aliran darah menuju jantung terganggu, maka dapat terjadi penyakit jantung. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi berbahaya, yaitu serangan jantung.

Untuk mencegah dampak terjadinya beberapa penyakit akibat kolesterol tinggi, kita juga harus melakukan pencegahan dini agar bisa dikontrol dengan baik.

Jangan ragu untuk berdiskusi pada dokter, ditambah lagi bila sudah mengenyam beberapa gejala yang timbul dari banyak penyakit di atas akibat kolesterol tinggi.

Karena penyakit yang ditimbulkan oleh kaar kolesterol ini tak hanya menyerang orang tua, tetapi remaja juga bisa memiliki kadar kolesterol yang tinggi apabila pola makan tidak dijaga secara baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *