Contoh Iklan Cetak dengan 10 Gambar Terbaik Berikut!

Diposting pada

Bagaimana sih contoh iklan cetak? Sebenarnya iklan cetak gampang sekali ditemukan. Barangkali mungkin kamu sudah pernah melihatnya, namun karena belum tahu, jadinya bingung contoh iklan cetak itu seperti apa. Nah di buku paket sudah dijelaskan sedikit penjelasan tentang iklan cetak di media.

Sebelum kita bahas apa saja contoh iklan cetak, kita bahas dulu apa itu iklan.

Iklan itu Apa Sih?

Untuk membantumu mengingatkan tentang materi ini lagi, Pak Guru akan mengulas sedikit di sini tentang apa itu iklan. Secara garis besar iklan adalah promosi dalam bentuk jasa atau layanan, berupa produk maupun barang yang disampaikan supaya sampai kepada masyarakat melalui media.

Dengan kata lain, iklan adalah cara yang dipakai seseorang untuk menawarkan ataupun mempromosikan barang maupun jasa. Biasanya ada di media cetak seperti majalah atau koran. Iklan juga dapat kita temukan melalui internet, televisi dan radio.

Pengertian iklan di atas juga bisa kamu temukan di buku pelajaranmu.

Unsur Iklan

contoh iklan cetak

Unsur-unsur iklan dibedakan menjadi dua macam, unsur iklan deskriptif dan unsur iklan persuasif. Mari kita bahas satu-satu.

  • Unsur Ikan Deskriftif – untuk menjelaskan sedetail mungkin tentang suatu produk yang sedang diiklankan.
  • Unsur Iklan Persuasif – untuk mempengaruhi masyarakat supaya dapat terbujuk untuk membeli atau menggunakan produknya.

Namun secara umum iklan itu memiliki unsur-unsur berikut ini:

  • Judul – biasanya berada di bagian atas teks iklan. Namun, tidak semua iklan menggunakan judul dalam kontennya. Pada beberapa iklan malah hanya mencantumkan nama produk saja;
  • Nama produk pada bagian ini mencantumkan nama produk yang sedang dipromosikan;
  • Gambar yang menarik – guna untuk menarik perhatian masyarakat, supaya terpikat;
  • Kalimat iklan – deskripsikan sedetail mungkin apa yang dipromosikan, supaya masyarakat dapat menangkap iklan yang diberikan.
  • Keunggulan produk – menjelaskan detail keunggulan produk dibandingkan produk lain yang serupa;
  • Harga produk– berapa harga produk ini dipasarkan.
  • Nomor telepon – kontak yang bisa dihubungi.
  • Alamat pengiklan – tempat yang bisa dituju untuk mencari produk.

Apakah Fungsi Iklan?

Setelah paham apa itu iklan, sekarang kita bahas apa saja fungsi iklan. Anak-anak, ada beberapa fungsi iklan yang perlu kamu ketahui. Yaitu untuk menyampaikan informasi, mengingatkan, dan juga untuk menawarkan jasa.

Kenapa harus dibuat iklan?

Tujuannya adalah supaya masyarakat bisa tahu apa yang sedang kita tawarkan. Dengan adanya iklan, informasi yang ada akan dengan mudah diterima oleh masyarakat, sehingga barang yang kita tawarkan menjadi laris.

Contoh Iklan Cetak pada Beberapa Media

Iklan Produk

Contoh iklan produk
contoh iklan cetak produk

Iklan produk adalah jenis iklan yang dibuat untuk mempromosikan produk barang atau jasa, biasanya disebut sebagai ikan niaga. Iklan produk bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat supaya mau membeli produk yang ditawarkan.

Kunci dalam membuat iklan produk adalah tagline, slogan atau pembuatan kalimat iklan yang menarik. Sebuah kalimat yang mudah diingat dan masuk ke dalam benak orang yang melihat atau membaca iklan.

Iklan Baris

contoh iklan baris
contoh iklan cetak baris

Jenis iklan ini hanya terdiri dari 3 – 4 baris saja. Ruang yang terbatas ini akan mendorong kita untuk membuat konten yang padat, sederhana, namun bermakna.

Iklan baris bisa dimanfaatkan untuk menjual produk barang dan jasa sampai mencari jodoh. Harganya pun beragam dan dapat disesuaikan dengan jumlah kata dan baris yang diinginkan;

Karena keterbatasan tempat ini biasanya penulisan Iklan Baris banyak yang menggunakan singkatan-singkatan supaya semua informasi bisa dalam iklan.

Iklan Kolom

contoh iklan cetak kolom

Berbeda dengan iklan baris yang terbatas, iklan kolom ini tampil agak memanjang dan luas (bisa sampai 1 halaman). Tidak hanya tulisan, biasanya iklan kolom juga terdiri dari konten lain seperti gambar atau foto. Iklan kolom umumnya digunakan untuk menjual kendaraan dan ucapan duka cita yang menggunakan potret serta info grafis lainnya;

Iklan Layanan Masyarakat

contoh iklan layanan masyarakat
contoh iklan cetak layanan masyarakat

Tak seperti iklan lainnya yang sifatnya komersil, iklan layanan masyarakat ini justru dibuat guna menyampaikan informasi penting. Contohnya program KB (keluarga berencana), penanggulangan bencana, sampah, go green sampai ke kampanye pencegahan narkoba.

Iklan ini sering kita jumpai di rumah sakit, puskesmas, dan beberapa fasilitas publik lainnya;

Iklan Penawaran

Contoh iklan penawaran
contoh iklan cetak penawaran

Sekilas, jenis iklan ini hampir sama dengan iklan produk. Namun, iklan penawaran biasanya diipakai untuk menawarkan barang atau jasa. Contohnya adalah iklan tempat bimbingan belajar, investasi, penawaran perumahan, apartement dll.

Selain itu dalam iklan penawaran sebaiknya menggunakan “PowerWord” sebagai tagline supaya dapat membuat orang terkesan pada pandangan pertama.

Kata- kata yang digunakan tersebut bisa berupa kata “DISKON xx%, Free, Harga Promosi, …… Berhadiah” dan sebagainya.

Iklan Lowongan Kerja

contoh iklan kolom
contoh iklan cetak lowongan kerja

Seperti namanya, iklan lowongan pekerjaan ini biasanya dibuat oleh perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja baru.

Sejumlah koran masih menggunakan halaman khusus yang akan diisi oleh informasi seputar lowongan kerja yang dikategorikan supaya gampang ditemukan pembaca.

Iklan Jasa

Contoh iklan jasa
contoh iklan cetak jasa

Jasa dapat dipromosikan seperti barang. Yakni dengan menggunakan iklan Jasa. Kita bisa menjual jasa dalam bidang apapun, misalnya: pendidikan, teknik, sampai membetulkan alat-alat tertentu (reparasi).

Dibandingkan dengan iklan produk, kita mungkin akan sulit membuat iklan jasa yang tampaknya berbentuk abstrak. Dalam membuat teks iklan jasa sebaiknya banyak memuat kelebihan dari layanan iklan dan jenis- jenis layanan yang disediakan.

Iklan Komersial

iklan komersial
contoh iklan cetak komersial

Jenis ikan ini dipakai untuk mendukung kampanye pemasaran barang atau jasa. Iklan komersial biasanya terdiri dari dua jenis, yakni iklan strategis (untuk membangun brand atau merek) dan iklan taktis (yang mempunyai tujuan mendesak).

Iklan Makanan

contoh iklan makanan
contoh ikla cetak makanan

Poin penting dalam membuat iklan makanan adalah gambar iklan dari produk yang dijual. Karena, biasanya hal yang pertama kali menjadi ketertarikan masyarakat terhadap produk makanan adalah bentuk gambarnya.

Contoh Teks Iklan Makanan

  • BIG BURGER : kapanpun dan dimanapun, selalu BigBurger Pilihannya.. Anda Pesan, Kami Antar!!  Nikmati Paket Burger Super
  • Queen Chicken kini lebih spesial dengan kenikmatan black paper. kepedasan khas balado, dan kelembutan cheese. Dapatkan kings chicken spesial mulai 25.000 an. Hanya di KNCF
    (hanya tersedia di pulau jawa)

Iklan Berbahasa Jawa

Iklan Bahasa Jawa

Cara membuat iklan dalam bahasa Jawa sama seperti kaidah pembuatan iklan secara umum. Namun, Ketika membuat iklan bergenre daerah, seperti iklan berbahasa Jawa, Sunda atau sebagainya. Akan lebih baik jika menggunakan kalimat-kalimat yang familiar di telinga mereka.

One thought on “Contoh Iklan Cetak dengan 10 Gambar Terbaik Berikut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *