5 Jus Penurun Kolesterol Terbaik

Diposting pada

Apa kamu suka minum jus? Tahukah ada beberapa jus penurun kolesterol? Kalau selama ini kita tahu jus hanya berguna untuk menghilangkan dahaga, atau membantu menurunkan berat badan ketika sedang melakukan program diet. Postingan kali ini saya akan membahas tentang jus penurun kolesterol.

Kolesterol tinggi masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Kalau didiamkan begitu saja, akan menyebabkan penyakit lain yang tak kalah bahayanya. Karena kolesterol tinggi dapat memicu stroke dan serangan jantung, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Penyebab Kolesterol Tinggi

kolesterol tinggi

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab tingginya kadar kolesterol tubuh. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menerapkan hidup sehat supaya kadar kolesterol tetap terkontrol. Berikut ini beberapa contoh penyebab kolesterol tinggi:

Makanan yang kurang sehat

Mengonsumsi makanan kurang sehat yang terlalu sering dapat menjadi pemicu kolesterol tinggi, seperti : mentega, biskuit, keju, krim, fast food, dan makanan kemasan lainnya. Makanan tersebut mengandung kadar lemak jenuh dan gula yang tinggi.

Mager

Jarang aktivitas fisik atau berolahraga juga dapat menjadi penyebab meningkatnya LDL di tubuh.

Perokok Aktif

Kebiasaan buruk merokok juga berpengaruh terhadap peningkatan kolesterol. Karena di dalam rokok terdapat zat kimia berupa akrolein yang dapat menghentikan aktivitas HDL, sehingga zat ini dapat mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Dampaknya, terjadi penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis).

Obesitas

Berat badan yang berlebih cenderung meningkatkan kadar LDL dan trigliserida, serta menurunkan kadar HDL. Orang yang termasuk obesitas ini biasanya memiliki indeks massa tubuh (BMI) di atas 30 dengan lingkar pinggang pria 102 cm dan wanita 89 cm.

Baca juga Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria

Itu tadi beberap penyebab kolesterol tinggi. Namun kita tidak perlu khawatir, karena kita masih masih dapat mengendalikan kolesterol tubuh dengan jus penurun kolesterol. Beruntungnya jus ini dapat dibuat dari buah maupun sayur yang dapat kita temukan dengan mudah di pasaran.

Jus Penurun Kolesterol

jus penurun kolesterol

Berikut ini adalah beberapa jus penurun kolesterol yang dapat kita coba sendiri di rumah:

  1. Jus Jeruk – dari sebuah riset yang dimuat di jurnal Lipit in Health and Disease yang menyatakan bahwa mengkonsumsi jus jeruk mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Sehingga apabila rutin minum jus jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
  2. Jus Wortel – wortel mengandung kadar kalium yang cukup tinggi, sehingga sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jahat. Selain itu minum jus wortel secara rutin juga dapat mengurangi resiko kita mengalami stroke dan serangan jantung.
  3. Jus Apel – buah apel mengandung senyawa polifenol yang membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat, sehingga membantu menghambat penumpukan pada pembuluh darah.
  4. Jus Kale – Sebuah jurnal tentang Biomedical and Enviromental Sciences menerangkan bahwa dengan mengonsumsi 150 ml jus kale setiap hari selama 3 bulan, mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL sampai 27%, sehingga dapat mengurangi kolesterol jahat sampai 10%.
  5. Jus Tomat – terdapat 13 riset yang menjelaskan betapa jus tomat mampu menjadi penurun kolesterol. Karena tomat kaya akan zat antioksidan yang disebut likopen yang efektif menurunkan kolesterol jahat.

Demikian beberapa jus penurun kolesterol. Namun yang perlu menjadi catatan bahwa dengan mengonsumsi jus penurun kolesterol bukan berarti harus menghentikan pengobatan yang sedang dijalani.

Selain rutin konsumsi jus penurun kolesterol di atas, cara di bawah ini juga penting untuk diterapkan agar jantung kita tetap seantiasa sehat:

  • Konsumsi makanan rendah garam dan sering menyisipkan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian
  • Membatasi konsumsi lemak hewani dan makanlah lemak baik secukupnya
  • Mempertahankan berat badan yang sehat
  • Berhenti merokok
  • Berolahraga beberapa kali dalam seminggu, setidaknya selama 30 menit
  • Mengendalikan stres

Baca juga Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Cek Rutin Kolesterol

Cek Rutin Kolesterol

Setiap orang dianjurkan melakukan cek rutin kolesterol minimal lima tahun sekali. Sebelum menjalankan cek rutin kolesterol, biasanya kita akan diminta untuk berpuasa selama 9–12 jam.

Selain itu, menurut artikel yang ada di Hellosehat dalam Pfimegalife, terdapat beberapa informasi terkait cek rutin kolesterol yang perlu kita pahami, seperti:

  • Pria wajib melakukan cek rutin kolesterol sejak umur 20-35 tahun, sedangkan wanita di umur 20-45 tahun.
  • Jika cek rutin kolesaterol pertama kali menunjukkan hasil yang normal, cek rutin kolesterol selanjutnya dapat dilakukan lima tahun kemudian, dan harus dilakukan berkala setiap lima tahun.
  • Jika pada perkembangannya kita mengalami obesitas, cek kolesterol harus dilakukan lagi meski belum berselang 5 tahun sejak cek pertama.
  • Orang dewasa yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, atau mempunyai penyakit kronis, sebaiknya melakukan cek kolesterol lebih sering dan tidak harus menunggu lima tahun sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *