W7mQLprqVQCi3tVCpPNyPSxFeYFCp5Up0iG8r9Ay

Cara Cek SKHUN 2020 Terbaik

Tahu nggak, sekarang cek SKHUN sudah bisa dilakukan via online? Hal ini jadi lebih memudahkan. Mengingat di tengah pandemi gini kita dituntut untuk di

Tahu nggak, sekarang cek SKHUN sudah bisa dilakukan via online? Hal ini jadi lebih memudahkan. Mengingat di tengah pandemi gini kita dituntut untuk di rumah aja.

Jadi untuk postingan kali ini, Pak Guru bakal membagikan 3 cara mudah cek SKHUN yang bisa dilakukan di rumah aja. Semoga bisa membantu kita semua yang sedang butuh cek keabsahan SKHUN.

Apa sih SKHUN itu?

SKHUN adalah dokumen penting yang sifatnya sementara sebagai pengganti dokumen SHUN (Surat Hasil Ujian Nasional) dan Ijazah yang belum terbit. 

SKHUN diterbitkan untuk memudahkan peserta didik dalam melengkapi dokumen yang menjadi salah satu syarat dalam pendaftaran ke jenjang pendidikan selanjutnya yang lebih tinggi.

Apa beda SKHUN dan IJAZAH?

Mungkin pertanyaan selanjutnya, apa sih beda SKHUN dan IJAZAH?

Dalam SKHUN biasanya hanya tercantum nilai Ujian Nasional saja, sedangkan dalam ijazah tercantum nilai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, termasuk juga ujian praktikum.

Jadi itu tadi beda SKHUN dan IJazah. Namun persamaan dari keduanya terdapat cap 3 jari dan tanda tangan peserta didik. Semoga sampai sini paham ya.

Lalu bagaimana cara cek SKHUN?

Cara Cek SKHUN

Cek keabsahan SKHUN itu gampang banget. Siapa pun bisa melakukannya. Kapan aja dan di mana aja, bahkan dalam keadaan rebahan sekali pun. Berikut ini adalah 3 langkah cek SKHUN.

1. Masuk ke situs Puspendik

Cara yang pertama kali harus kamu lakukan untuk cek skhu adalah dengan masuk ke situs puspendik dari kemendikbud, atau biar lebih mudah bisa langsung klik tautan ini https://shun.puspendik.kemdikbud.go.id/21703017260205

2. Ganti Angkanya

Setelah masuk ke sana, kita akan menemukan tampilan sampel skhu dengan nomor yang acak. Tugasmu selanjutnya adalah mengganti angka 21703017260205 dengan menggunakan nomor peserta ujian kamu dari jenjang sebelumnya.

3. Tekan Enter

Setelah semuanya kamu isi, tekan enter, dan akan tampak gambar seperti dibawah ini. Pastikan gambar yang kamu lihat adalah sama seperti ini

Tampilan setelah Cek

4. Lihat Identitas Diri

Pastikan identitas yang muncul di sana adalah sesuai dengan identitasmu, apabila yang muncul adalah data orang lain maka kemungkinan yang terjadi kamu salah input nomor ujian.

5. Masukkan Ulang Nomor Ujian

Ini yang harus kamu lakukan apabila terjadi kekeliruan saat input. Hati-hatilah saat menginput ulang nomor ujian, agar tak terjadi kekeliruan lagi dalam melakukan cek skhu.

Semoga berhasil. Tapi gimana, Pak, kalau lupa nomor ujian? Nah ini bakal bikin runyam juga nih.

Cara Cek Nomor Peserta Ujian

Berikutnya, Pak Guru bakal ngajarin cara cek nomor peserta ujian. Kalau cek SKHUN hanya 3 langkah yang perlu dilakukan. Cara cek nomor ujian ini kita perlu melakukan 5 langkah. Yaitu sebagai berikut:

  1. Akses laman berikut https://pd.data.kemdikbud.go.id/
  2. Lalu klik login
  3. Input username dan password yang digunakan pada dapodik. Silakan login.
  4. Setelah berhasil login, pilih tampilkan kelas terakhir. Jika SD berarti kelas 6. SMP kelas 9, dan SMA/SMK kelas 12.
  5. Klik Export to PDF

Pengisian Nomor SKHUN SMP pada DAPODIKMEN

Data SKHUN SMP yang diisikan adalah NOMOR PESERTA UN dari SMP/MTS/PAKET B, contoh: 99-99-99-999-999-9. Berikut terlampir surat dari Puspendik.(****)
Caranya :

  • – Lakukan sinkronisasi ke server
  • – Uninstal dapodikmen 8.1.0 yg sebelumnya (aplikasi release tgl 27), dan hapus folder c:\program files\dapodikmen
  • – Install dapodikmen (sudah diperbaiki).
  • – Download data prefill nya lagi
  • – Registrasi ulang di aplikasi
  • – Silahkan mengerjakan

Sampai di sini saja perjumpaan kita kali ini. Semoga membantu, dan silakan tinggalkan komentar kalau ada pertanyaan. Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya.

Salam

Posting Komentar